Minggu, 11 September 2016

STRATEGI PROMOSI ( IKLAN )DAN JUGA FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

1.      Find and copy or describe examples of advertisementsthat specifically use stimulus factors toattract attention. Look for examples of each of thevarious factors discussed earlier in the chapter, andtry to find their use in a variety of promotions. Foreach example, evaluate the effectiveness of thestimulus factors used.

Faktor Stimulus
Stimuli atau stimulus merupakan bentuk fisik, visual atau komunikasi verbal yang dapat mempengaruhi individu. Setiap komunikasi atau stimuli fisik yang didesain untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan komponen - komponennya (seperti kemasan, isi, ciri - ciri fisik) adalah stimuli utama. Faktor stimulus adalah karakteristik fisik dari suatu stimulus. Karakteristik stimulus seperti ukuran dan warna iklan dapat dikendalikan oleh marketer dan dapat menarik perhatian terlepas dari karakteristik individu atau situasi.
Contoh iklan yang menggunakan faktor stimulus adalah Clear Shampoo.
·       Faktor Intensitas, hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya iklan produk Clear di TV ataupun di media sosial seperti Youtube.
·       Faktor Attractive Visuals, Clear menggunakan model seperti Cristiano Ronaldo atau Agnes Monica yang dapat membuat konsumen ingin seperti idolanya dengan harapan dapat menarik konsumen untuk membeli produk Clear Shampoo.
·     Faktor Interestingness, Clear menempatkan iklan produknya terhadap ketertarikan konsumen. Contohnya ketika mengiklankan produk Clear Men mereka memperlihatkan sisi Manly modelnya sehingga konsumen tertarik pada produk tersebut yang sudah dianggap dapat meningkatkan sisi Manly konsumen tersebut.
·   Information Quantity, Clear memberikan informasi sejelas mungkin peruntukka produknya kepada konsumen, seperti contohnya Clear Anti Hairfall yang diperuntukkan bagi konsumen yang ingin merawat rambutnya agar tidak mudah rontok.
Contoh lainnya adalah pada Nike, Jika dilihat dari faktor-faktornya
·       Intensitas, terlihat bahwa iklan Nike ada dimana-mana seperti di iklan tv, media sosial, web,dll. 
·     Faktor Attractive Visuals, Nike menggunakan atlet utama yang dapat menarik perhatian konsumen seperti Cristiano Ronaldo (Sepak Bola) , Kevin Durant (Bola Basket), Maria Sharapova (Tennis) yang diharapkan dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Nike. Dari faktor Color and Movement dapat dilihat Nike sangat baik dalam membuat iklan yang penuh dengan warna serta efek yang dapat membuat konsumen tertarik dengan produknya.
·         Faktor Interestingness, Nike tahu betul bagaimana menempatkan Ambassadornya dengan produk yang ditawarkan, seperti konsumen yang suka terhadap Olahraga Basket tentunya akan tertarik dengan produk yang digunakan oleh Kevin Durant ataupun LeBron James, Konsumen yang suka dengan olahraga Sepak Bola tentunya akan tertarik dengan produk yang diiklankan oleh Cristiano Ronaldo ataupun Neymar Jr.
·         Information quantity, nike memaparkan informasi kepada konsumen melalui iklannya dengan memberi tahu kesesuaian produk yang tepat digunakan untuk olahraga dan digunakan sehari-hari

2.      Repeat Question no.1, but this time look for advertisements using individual factors.
Faktor individual merupakan karakteristik seseorang mengenai ketertarikan (interest) dan kebutuhannya (need). Karakteristik ini merupakan faktor utama yang dapat memperngaruhi perhatian konsumen.


Contoh iklan yang menggunakan faktor individual adalah iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun.
·         Sikap, konsumen diharapkan mengikuti anjuran iklan mencuci tangan menggunakan sabun. Dalam faktor ini iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun menjadi pemicu konsumen untuk membiasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun.
·         Motivasi, melalui iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun. Lifebuoy meningkatkan motivasi konsumen untuk menjaga kebersihan diri dengan membiasakan cuci tangan menggunakan sabun.
·         Interest, tentunya dengan iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun meningkatkan minat konsumen terhadap kebersihan diri dengan mencuci tangan menggunakan sabun produk Lifebuoy
·         Experience, iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun pun menciptakan pengalaman baru bagi konsumen yang biasanya tidak memerhatikan kebersihan dirinya terutama cuci tangan menggunakan sabun, sekarang menjadi terbiasa
·         Ekspektasi, iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun menimbulkan harapan yang besar bagi konsumen terhadap produk Lifebuoy yang diharapkan dapat menjaga kebersihan diri terutama tangan konsumen

3.      Find two brand names that you feel are particularly appropriate and two that you feel are not very appropriate. Explain your reasoning for each name.

Emirates adalah sebuah maskapai penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat Arab. Sesuai dengan namanya Fly, menurut kamu ada korelasi antara nama tersebut dengan layanan yang mereka tawarkan yaitu penerbangan.

Garuda Indonesia (PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk; IDX: GIAA) adalah maskapai penerbangan nasional Indonesia. Garuda adalah nama burung tunggangan Dewa Wisnu dalam legenda pewayangan, yang menurut kamu memiliki korelasi karena layanan berupa maskapai penerbangan digambarkan dengan burung yang secara nalar bisa digambarkan sebaga hewan yang terbang, sehingga menurut kami dapat dipahami bahwa dari nama perusahaan tersebut memiliki hubungan dengan layanan penerbangan yang mereka tawarkan kepada konsumen.


Apple Inc bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Namun nama Apple menurut kami tidak menggambarkan bahwa perusahaan tersebut bergerak di industri barang-barang elektronik seperti Iphone,Macbook dll. Menurut Steve Jobs ketika ditanya mengapa Ia memilih nama Apple, Ia menjawab alasannya karena Steve Jobs menyukai apel dan suka memakannya, namunn gagasan utamanya adalah membawa keserhanaan kepada masyarakat dengan cara yang paling canggih. Hal tersebut tentunya tidak ada korelasi antara buah apel dan industri elektronik dan perangkat telekomunikasi.

Nama BlackBerry menurut kami tidak sesuai dengan produk yang dijualnya. Pada mulanya perusahaan menetapkan nama BlackBerry karena nama ini terbukti lebih enak didengar telinga dan sesuai dengan warna perangkat yang pada saat itu berwarna hitam. Tentunya tidak ada korelasi antara Blackberry dan produknya berupa perangkat telekomunikasi.

4.      Find and describe a logo that you feel is particularly appropriate and one that you feel is not very appropriate. Explain your reasoning.
Logo yang sesuai menurut kami adalah Instagram

Logo Instagram menggambarkan perpaduan lingkaran lensa, titik putih dan lingkaran di tengah ini mengingatkan pada kamera dan sensor cahaya di smartphone modern, yang memang mengusung penggunaan kamera pada smartphone untuk mengabadikan momen serta berbagi momen tersebut di instagram. Hal tersebut menurut kamu memiliki korelasi yang tepat hingga konsumen dapat memahami bahwa Instagram adalah aplikasi yang diperuntukkan menggunakan kamera atau sekedar berbagi foto dan video.

Logo yang tidak cocok adalah Frisian Flag, karena pada dasarnya tidak ada keterkaitan antara logo gambar bendera dengan produk yang perusahaan tersebut tawarkan yaitu susu untuk anak-anak. Karena menurut kami tidak ada korelasinya antara bedera dengan produk susu, yang memungkinkan perbedaan persepsi konsumen dan tidak langsung terpikirkan saat melihat logo Frisian Flag tanpa produk secara langsung konsumen mengerti produk yang ditawarkan adalah susu anak meski nama Frisian berawal dari unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah Friesland, Belanda Utara, yang terkenal dengan produk susunya.

6.Find and copy or describe an ad or other marketing message that you think makes unethical use of the perceptual process. Justify your selection.



            Pada iklan “New Era Boots” ini terdapat seorang wanita yang bernari memakai pakaian mini dan seorang pria dengan telanjang dada. Dengan demikian menurut saya iklan ini sangatlah tidak beretika karena menawarkan hal-hal yang tidak sepatutnya untuk di tonton, apalagi sekarang banyak anak kecil yang sering menghabiskan waktunya untuk menonton televisi. Membuat para orang tua khawatir untuk meninggalkan anaknya menonton televisi sendirian. Selain itu iklan seperti ini membuat persepsi orang-orang menjadi negatif, dengan adanya kedua sosok seperti itu (seorang wanita yang bernari memakai pakaian mini dan seorang pria dengan telanjang dada). Padahal mungkin menurut pembuat iklan itu akan membuat daya tarik tersendiri pada pelanggan terhadap pembelian produknya. Akan tetapi untuk sebagian orang, akan menimbulkan persepsi yang tidak baik atau “negatif” oleh iklan tersebut. Padahal iklan tersebut hanya ingin menyampaikan produk sepatu boot yang unggul, kuat dan terpercaya untuk menarik minat para pelanggannya. Hanya saja perusahaan kurang bisa memilah iklan yang menarik dan iklan yang baik untuk di jual ke masyarakat, atau iklan yang akan di tayangkan ke publik. Sehingga menimbulkan persepsi yang buruk atau negatif pada para penonton iklan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar