1.
Find and copy or describe examples of advertisementsthat specifically
use stimulus factors toattract attention. Look for examples of each of
thevarious factors discussed earlier in the chapter, andtry to find their use
in a variety of promotions. Foreach example, evaluate the effectiveness of
thestimulus factors used.
Faktor
Stimulus
Stimuli atau stimulus merupakan bentuk fisik,
visual atau komunikasi verbal yang dapat mempengaruhi individu. Setiap komunikasi
atau stimuli fisik yang didesain untuk mempengaruhi konsumen. Produk dan komponen
- komponennya (seperti kemasan, isi, ciri - ciri fisik) adalah stimuli utama. Faktor
stimulus adalah karakteristik fisik dari suatu stimulus. Karakteristik stimulus
seperti ukuran dan warna iklan dapat dikendalikan oleh marketer dan dapat menarik
perhatian terlepas dari karakteristik individu atau situasi.
Contoh iklan yang menggunakan
faktor stimulus adalah Clear Shampoo.
· Faktor Intensitas, hal tersebut dapat dilihat dengan
banyaknya iklan produk Clear di TV ataupun di media sosial seperti Youtube.
· Faktor Attractive Visuals, Clear menggunakan model
seperti Cristiano Ronaldo atau Agnes Monica yang dapat membuat konsumen ingin
seperti idolanya dengan harapan dapat menarik konsumen untuk membeli produk
Clear Shampoo.
· Faktor Interestingness, Clear menempatkan iklan produknya
terhadap ketertarikan konsumen. Contohnya ketika mengiklankan produk Clear Men
mereka memperlihatkan sisi Manly modelnya sehingga konsumen tertarik pada
produk tersebut yang sudah dianggap dapat meningkatkan sisi Manly konsumen
tersebut.
· Information Quantity, Clear memberikan informasi sejelas
mungkin peruntukka produknya kepada konsumen, seperti contohnya Clear Anti
Hairfall yang diperuntukkan bagi konsumen yang ingin merawat rambutnya agar
tidak mudah rontok.
Contoh lainnya adalah pada
Nike, Jika dilihat dari faktor-faktornya
· Intensitas, terlihat bahwa iklan Nike ada dimana-mana
seperti di iklan tv, media sosial, web,dll.
· Faktor Attractive Visuals, Nike menggunakan atlet utama
yang dapat menarik perhatian konsumen seperti Cristiano Ronaldo (Sepak Bola) ,
Kevin Durant (Bola Basket), Maria Sharapova (Tennis) yang diharapkan dapat
menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Nike. Dari faktor Color and
Movement dapat dilihat Nike sangat baik dalam membuat iklan yang penuh dengan
warna serta efek yang dapat membuat konsumen tertarik dengan produknya.
·
Faktor Interestingness, Nike tahu betul bagaimana
menempatkan Ambassadornya dengan produk yang ditawarkan, seperti konsumen yang
suka terhadap Olahraga Basket tentunya akan tertarik dengan produk yang
digunakan oleh Kevin Durant ataupun LeBron James, Konsumen yang suka dengan
olahraga Sepak Bola tentunya akan tertarik dengan produk yang diiklankan oleh
Cristiano Ronaldo ataupun Neymar Jr.
·
Information quantity, nike memaparkan informasi kepada
konsumen melalui iklannya dengan memberi tahu kesesuaian produk yang tepat
digunakan untuk olahraga dan digunakan sehari-hari
2.
Repeat Question no.1, but this time look for advertisements using individual
factors.
Faktor
individual merupakan karakteristik seseorang mengenai ketertarikan (interest)
dan kebutuhannya (need). Karakteristik ini merupakan faktor utama yang dapat memperngaruhi
perhatian konsumen.
Contoh iklan yang
menggunakan faktor individual adalah iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai
Sabun.
·
Sikap, konsumen diharapkan mengikuti anjuran iklan
mencuci tangan menggunakan sabun. Dalam faktor ini iklan Lifebuoy Gerakan Cuci
Tangan Pakai Sabun menjadi pemicu konsumen untuk membiasakan diri mencuci
tangan menggunakan sabun.
·
Motivasi, melalui iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan
Pakai Sabun. Lifebuoy meningkatkan motivasi konsumen untuk menjaga kebersihan
diri dengan membiasakan cuci tangan menggunakan sabun.
·
Interest, tentunya dengan iklan Lifebuoy Gerakan Cuci
Tangan Pakai Sabun meningkatkan minat konsumen terhadap kebersihan diri dengan
mencuci tangan menggunakan sabun produk Lifebuoy
·
Experience, iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai
Sabun pun menciptakan pengalaman baru bagi konsumen yang biasanya tidak
memerhatikan kebersihan dirinya terutama cuci tangan menggunakan sabun,
sekarang menjadi terbiasa
·
Ekspektasi, iklan Lifebuoy Gerakan Cuci Tangan Pakai
Sabun menimbulkan harapan yang besar bagi konsumen terhadap produk Lifebuoy
yang diharapkan dapat menjaga kebersihan diri terutama tangan konsumen
3.
Find two brand names that you feel are particularly appropriate and two
that you feel are not very appropriate. Explain your reasoning for each name.
Emirates adalah sebuah maskapai
penerbangan yang berpusat di Bandara Internasional Dubai, Dubai, Uni Emirat
Arab. Sesuai dengan namanya Fly, menurut kamu ada korelasi antara nama tersebut
dengan layanan yang mereka tawarkan yaitu penerbangan.
Garuda Indonesia (PT Garuda
Indonesia (Persero) Tbk; IDX: GIAA) adalah maskapai penerbangan nasional
Indonesia. Garuda adalah nama burung tunggangan Dewa Wisnu dalam legenda
pewayangan, yang menurut kamu memiliki korelasi karena layanan berupa maskapai
penerbangan digambarkan dengan burung yang secara nalar bisa digambarkan sebaga
hewan yang terbang, sehingga menurut kami dapat dipahami bahwa dari nama
perusahaan tersebut memiliki hubungan dengan layanan penerbangan yang mereka
tawarkan kepada konsumen.
Apple Inc bergerak dalam bidang perancangan,
pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi elektronik konsumen,
perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi. Namun nama Apple menurut kami
tidak menggambarkan bahwa perusahaan tersebut bergerak di industri
barang-barang elektronik seperti Iphone,Macbook dll. Menurut Steve Jobs ketika
ditanya mengapa Ia memilih nama Apple, Ia menjawab alasannya karena Steve Jobs
menyukai apel dan suka memakannya, namunn gagasan utamanya adalah membawa
keserhanaan kepada masyarakat dengan cara yang paling canggih. Hal tersebut tentunya
tidak ada korelasi antara buah apel dan industri elektronik dan perangkat
telekomunikasi.
Nama BlackBerry menurut kami
tidak sesuai dengan produk yang dijualnya. Pada mulanya perusahaan menetapkan
nama BlackBerry karena nama ini terbukti lebih enak didengar telinga dan sesuai
dengan warna perangkat yang pada saat itu berwarna hitam. Tentunya tidak ada
korelasi antara Blackberry dan produknya berupa perangkat telekomunikasi.
4.
Find and describe a logo that you feel is particularly appropriate and
one that you feel is not very appropriate. Explain your reasoning.
Logo yang sesuai
menurut kami adalah Instagram
Logo Instagram
menggambarkan perpaduan lingkaran lensa, titik putih dan lingkaran di tengah
ini mengingatkan pada kamera dan sensor cahaya di smartphone modern, yang
memang mengusung penggunaan kamera pada smartphone untuk mengabadikan momen
serta berbagi momen tersebut di instagram. Hal tersebut menurut kamu memiliki
korelasi yang tepat hingga konsumen dapat memahami bahwa Instagram adalah
aplikasi yang diperuntukkan menggunakan kamera atau sekedar berbagi foto dan
video.
Logo yang tidak cocok adalah
Frisian Flag, karena pada dasarnya tidak ada keterkaitan antara logo gambar
bendera dengan produk yang perusahaan tersebut tawarkan yaitu susu untuk
anak-anak. Karena menurut kami tidak ada korelasinya antara bedera dengan
produk susu, yang memungkinkan perbedaan persepsi konsumen dan tidak langsung
terpikirkan saat melihat logo Frisian Flag tanpa produk secara langsung
konsumen mengerti produk yang ditawarkan adalah susu anak meski nama Frisian
berawal dari unsur visual dan nama yang diambil dari bendera di daerah
Friesland, Belanda Utara, yang terkenal dengan produk susunya.
6.Find and copy or describe an ad or other marketing message that you
think makes unethical use of the perceptual process. Justify your selection.
Pada iklan “New Era Boots” ini terdapat seorang wanita
yang bernari memakai pakaian mini dan seorang pria dengan telanjang dada.
Dengan demikian menurut saya iklan ini sangatlah tidak beretika karena
menawarkan hal-hal yang tidak sepatutnya untuk di tonton, apalagi sekarang
banyak anak kecil yang sering menghabiskan waktunya untuk menonton televisi.
Membuat para orang tua khawatir untuk meninggalkan anaknya menonton televisi
sendirian. Selain itu iklan seperti ini membuat persepsi orang-orang menjadi
negatif, dengan adanya kedua sosok seperti itu (seorang wanita yang bernari
memakai pakaian mini dan seorang pria dengan telanjang dada). Padahal mungkin
menurut pembuat iklan itu akan membuat daya tarik tersendiri pada pelanggan
terhadap pembelian produknya. Akan tetapi untuk sebagian orang, akan
menimbulkan persepsi yang tidak baik atau “negatif” oleh iklan tersebut.
Padahal iklan tersebut hanya ingin menyampaikan produk sepatu boot yang unggul,
kuat dan terpercaya untuk menarik minat para pelanggannya. Hanya saja
perusahaan kurang bisa memilah iklan yang menarik dan iklan yang baik untuk di
jual ke masyarakat, atau iklan yang akan di tayangkan ke publik. Sehingga
menimbulkan persepsi yang buruk atau negatif pada para penonton iklan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar