Question
1.
Find and copy or describe an ad that contains
direct appeals to manifest motives and indirect appeals to latent motives.
Explain how and why the ad is using each approach.
2.
Have five students describe the personality of
the following. To what extent are their descriptions similar? Why are there
differences
- G-Shock watches
- Oakley sunglasses
- Minicooper
- Xiaomi Handphone
- Harvest Cheesecake Factory
3.
Find and copy an ad that you feel communicates a
strong brand personality. Describe that personality in terms of the dimensions
in Figure 10–2. Describe the various techniques used in the ad (e.g., celebrity
endorser, user imagery, and executional factors) and how that links to the
personality they are communicating.
Answer
1. Contoh iklan Manifest motives direct dan Indirect latent motives
Manifest
motives direct dan Indirect latent motives
Dalam iklan Beng-beng ini menampilkan sepasang remaja yang sama-sama menyukai Beng-beng. Namun mereka kebingungan pada saat akan menyantap beng-beng. Sang wanita suka makan beng-beng yang dingin sedangkan pria lebih
memilih untuk dimakan langsung. Jika dilihat dari sisi manifest motives direct
yaitu motivasi pelanggan dalam membeli produk ini antara lain berpendapat bahwa
coklat bengbeng ini sangat enak, memang pada dasarnya penyuka coklat dan wafer
maka sangat cocok untuk mengonsumsi beng-beng. Iklan ini juga membranding bahwa ia memiliki "4 Kelezatan sekali gigit". Sasaran iklan ini untuk semua kalangan dengan harga yang terjangkau. Dilihat dari sisi
indirect latent motives, pelanggan membeli produk beng-beng ini karena
ikut-ikutan orang lain atau dengan kata lain sedang musim iklan beng-beng. Beng-beng ini juga terkesan termasuk kedalam cemilan yang up to date dan tidak kuno.
Manifest Motives
Iklan ini termasuk iklan langsung yang menyampaikan isi
dari iklannya. Dalam iklan ini ada pendekatan mengenai pentingnya menyikat gigi
sebelum tidur untuk kesehatan gigi dan mulut. Dalam iklan ini diperankan
keluarga yang bersama-sama menyikat giginya sebelum tidur, untuk menjaga
kesehatan gigi dan mulutnya.
Iklan Coca Cola buka semangat baru
Iklan coca cola yang memberi semangat semangat dan motivasi kepada konsumen. Dalam iklan tersebut menceritakan tentang kegiatan pemuda Indonesia yang berkumpul untuk semangat perubahan dari 1982 hingga saat ini. Di akhir iklan mengatakan bahwa jutaan orang menyebarkan pesan kebaikan di botol coca cola dengan slogan “masih banyak alasan untuk percayaakan masa depan yang lebih baik”.
3. Iklan Teh Sariwangi Aslinya Hangatkan Keluarga
Iklan Coca Cola buka semangat baru
Iklan coca cola yang memberi semangat semangat dan motivasi kepada konsumen. Dalam iklan tersebut menceritakan tentang kegiatan pemuda Indonesia yang berkumpul untuk semangat perubahan dari 1982 hingga saat ini. Di akhir iklan mengatakan bahwa jutaan orang menyebarkan pesan kebaikan di botol coca cola dengan slogan “masih banyak alasan untuk percayaakan masa depan yang lebih baik”.
3. Iklan Teh Sariwangi Aslinya Hangatkan Keluarga
Iklan Sariwangi bercerita tentang sebuah keluarga yang sibuk dengan kegiatannya masing-masing, sehingga tidak ada interaksi antar sesama anggota keluarga mereka, sampai akhirnya sang ibu berinisiatif untuk membuat Teh Sariwangi dan menaruhnya di meja, mencium aroma wanginya teh Sariwangi, akhirnya seluruh anggota keluarga berkumpul di meja tersebut dan meminum Teh Sariwangi bersama sambil bercengkrama dan berinteraksi satu sama lain, mengusung tagline “Jangan sia-siakan kesempatan yang ada, luangkan waktu untuk keluarga setidaknya 15 menit sehari”, iklan ini mengajarkan kita secara langsung untuk selalu luangkan waktu untuk keluaraga walau memiliki kesibukan masing-masing, karena keluarga adalah segalanya, iklan ini menginspirasi untuk keluarga, terutama keluarga yang jarang bertemu atau berinteraksi satu sama lain.
Iklan ini mengisahkan tentang seorang pria yang sangat
memerhatikan kesehatan dirinya. Ia ingin membawa perubahan besar kepada orang
sekitarnya untuk mulai beralih mengonsumsi gula yang bebas dari ancaman
penyakit Diabetes sesuai dengan taglineya “Share the sweetness of life”.
Berdasarkan teori kebutuhan hierarki maslow, iklan
Tropicana Slim termasuk dalam tipe Phisiological bagian tipe Health foods. Pria
tersebut mengajak untuk berperilaku sehat dengan mengonsumsi produk bebas gula
dan rendah kalori. Dalam implementasinya, perusahaan mempengaruhi motivasi
konsumennya untuk menggunakan produk yang lebih sehat dikonsumsi. Iklan ini
termasuk pada indirect latent motives dengan menyampaikan pesan secara tersirat
yaitu untuk mengajak pelanggan untuk peduli terhadap kesehatan.
IklanSampoerna
Mild
Iklan Gudang Garam
International Lead Now!, membawa pesan bahwa kita selayaknya harus mengambil
keputusan dari banyaknya kondisi yang kita alami seperti memilih bergerak atau
diam, kanan atau kiri, dan memotivasi untuk memimpin
minimal untuk diri sendiri. Sesuai dengan taglinenya “Ambil Keputusan Tentukan
Jalan,Lead Now!”
Mahasiswa
1
Nama
: Anindita Noerazani Putri (MBTI Tel-U)
Mini
Cooper
Mobil klasik kecil ini diproduksi oleh perusahaan
BMC dan dianggap sebagai ikon mobil Inggris. Mini memiliki beberapa varian dan
model. Bentuknya yang sederhana dan unik membuat mini cooper terlihat sangat
klasik & banyak diminati para pecinta mobil klasik di seluruh dunia. Menurut
Anindita, mobil ini terlihat keren, dan
terlihat klasik. Selain itu dengan harga yang cukup mahal pastinya mobil ini
memiliki kelebihan, diantara lain dengan mobil yg kecil ini sehingga pengguna
merasa lebih mudah mengendarainya
Mahasiswa
2
Nama
: Nur Fardina (MBTI Tel-U)
G-Shock
Merek
jam tangan yg diproduksi oleh Casio, dikenal karena ketahanannya terhadap
guncangan seperti benturan keras dan getaran kuat. Jam tangan ini dirancang
terutama untuk para penggunanya yang memiliki aktivitas olahraga dan aktivitas
outdoor. Menurut Fardina, sebenernya jam itu kan sesuai selera setiap orang,
tapi saya memilih gshock karena lebih nyaman dipakai dan suka dengan modelnya
Mahasiswa
3
Nama
: Kania Utami (MBTI Tel-U)
Xiomi
handphone
Handphone xiaomi bisa dibilang sekarang lagi trend
karena spesifikasi nya tidak kalah jauh bagus dengan samsung dan kemeranya juga
jernih, namun masih banyak orang yang belum percaya dan memilih produk ini.
Menurut Kania, ia memilih xiaomi karena dengan spesifikasi yang tidak kalah
dengan samsung atau android lain namun harganya lebih terjangkau dibanding hp
merek ternama.
Nama
: Astari Febrilia (MBTI Tel-U)
Harvest
Cheesecake Factory
Toko kue ini disukai oleh semua umur dari mulai
anak-anak, remaja hingga dewasa, karena cake yang khas dan beda dari toko kue
lain nya. Harganya cukup mahal namun karena rasanya yang enak jadi orang tidak
memikirkan harganya dan tetap membelinya. Menurut Astari, walaupun harvest harganya
cukup mahal tapi rasanya enak dan banyak pilihannya jadi saya senang ke harvest.
Nama : Agung
( Fikom Unpas )
OAKLEY SUNGLASSES
Kacamata OAKLEY SUNGLASSES
terkenal memiliki ketahanan kacamata yang cukup awet, kacamata OAKLEY
juga terkenal dengan komponen yang jika rusak anda tidak perlu mngganti
kacamata anda tapi anda bisa mengganti komponennya saja yang rusak,bagaikan
sebuah mobil.Dengan merk yang sudah terkenal pula yang membuat saya
memilikinya,karena menurut saya merk yang terkenal pasti mempunyai nilai khusus
yang membuat produk itu bisa terkenal.
Perbandingan
menurut saya adalah dari 5 orang yang kami wawancarai ada yang memakai produk
karena memang sudah memiliki brand image yang bagus sehingga tanpa dia
mengetahui lebih detail tentang produk tersebut dia sudah pasti harus
memilikinya,ada tipe orang yang lain juga yang mengutamakan harga yang murah
dengan kualitas yang bagus tanpa memandang merk nya.Tapi dari 5 orang yang kami
wawancarai kebanyakan masyarakat lebih senang memakai atau memiliki produk yang
sudah mempunyai brand image yang baik,karena brame image yang baik pasti
memiliki nilai tersendiri sehingga produk tersebut mendapat brame image yang
baik.
3. Iklan Mizone
Jadi diceritakan
ada beberapa orang yang sedang liburan dengan menaiki roller coster, namun
ketika mereka sedang asik menaikinya, tiba-tiba roller coster itu macet dan
mengingatkan mereka akan kemacetan lalu lintas yang dihadapi mereka setiap hari
saat bekerja. Lalu mereka minum mizon agar mereka selalu semangat dalam
aktivitas apapun karena mizon mengembalikan electrolite mereka yang hilang.
Jadi Mizone memiliki brand image yang kuat
dalam memposisikan dirinya sebagai minuman isotonik penambah semangat karena dapat menggantikan elektrolit tubuh
yang hilang saat beraktivitas.
Mizione masuk
kedalam dimensi Exitement karena faktor dibawah ini
Iklan mizone
mampu memperlihatkan bahwa mereka dapat mengembalikan semangat seseorang
melalui iklannya dan membuat aktivitas mereka kembali lancar dan bertenaga sehingga
dapat melakukan segala kegiatan dengan baik dan lancar.
Iklan mizone
ini juga menggunakan User Imagery dimana mereka menunjukkan aktivitas apa yang
cocok untuk meminum isotonik Mizone ini. Dalam iklan mizone ditunjukkan bahwa
mereka melakukan aktivitas bermain di wahana roller coster yang memerlukan
tenaga untuk berteriak-teriak karena adrenali mereka dipacu. Sehingga mereka
meminum mizone agar tetap bersemangat dan kembali ceria melanjutkan
permainannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar